SEARCHING

FORMULIR DOKUMEN REFLEKSI TINDAK LANJUT PENGELOLAAN KINERJA GURU DI PMM 2024

 Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Guru di PMM 2024

Formulir Refleksi Tindak Lanjut
Pilihan Belajar
Apa inspirasi baru yang Anda dapatkan dari upaya tindak lanjut?
Jawaban saya:
Saya mendapatkan inspirasi untuk selalu menerapkan disiplin positif secara baik serta meningkatkan keterampilan manajemen kelas melalui kesepakatan kelas serta penerapan segitiga restitusi. Kolaborasi dengan rekan sejawat memberi kesempatan untuk belajar dari
pengalaman mereka dalam menerapkan pendekatan disiplin positif, memperkaya praktik saya dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman, nyaman, menyenangkan, inklusif dan berpusat pada murid.
Berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan, apa perubahan praktik Anda di ruang
kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan?
Jawaban saya:
Saya mulai mengadopsi pendekatan yang lebih terstruktur dalam menyusun kesepakatan kelas bersama peserta didik untuk memperjelas harapan dan konsekuensi. Saya juga mengintegrasikan strategi segitiga restitusi sebagai bagian dari pendekatan disiplin positif, memberikan siswa kesempatan untuk memperbaiki kesalahan mereka dan mengembangkan tanggung jawab pribadi. Selain itu, saya juga lebih aktif berkolaborasi dengan rekan guru dalam memperbaiki praktik pembelajaran berdasarkan hasil refleksi.

Apa 3 tantangan paling sulit yang akan Anda hadapi dalam melakukan perubahan
tersebut?
Jawaban saya:
1. Mengubah pola pikir peserta didik yang terbiasa dengan sistem hukuman, untuk menerima pendekatan yang lebih berpusat pada tanggung jawab pribadi dan belajar dari kesalahan
2. Menyesuaikan strategi manajemen kelas dengan kebutuhan individual setiap siswa, sambil memastikan tetap memberikan lingkungan yang mendukung untuk kebutuhan semua siswa
3. Konsistensi dalam menerapkan pendekatan holistik, terutama dalam situasi yang menuntut reaksi cepat terhadap perilaku yang tidak diinginkan
Bagaimana rencana Anda dalam mengatasi tantangan tersebut agar bisa
memastikan perubahan terjadi?
Jawaban saya:
1. Memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang manfaat dari pendekatan berpusat pada tanggung jawab pribadi melalui diskusi terbuka, contoh kasus, dan penguatan positif
2. Menggunakan pendekatan diferensiasi untuk memenuhi kebutuhan individu siswa
3. Membuat pedoman perilaku yang jelas dan konsekuen (keyakinan kelas), melibatkan siswa dalam pembentukannya, serta memberikan umpan balik secara konsisten untuk
memperkuat perilaku yang diinginkan

Pilihan Belajar dari Platform Merdeka Mengajar (PMM)
Apa inspirasi baru yang Anda dapatkan dari upaya tindak lanjut?
Jawaban saya:
Saya mendapatkan inspirasi bahwa melalui refleksi atas tindakan yang telah kita lakukan, kita dapat menemukan ide-ide baru tentang pengelolaan kelas untuk mencapai pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Diskusi dengan rekan kerja dapat membuka wawasan baru. Dari percakapan ini, kita mendapatkan ide-ide segar dan solusi untuk tantangan yang dihadapi.  Pelatihan dan seminar memberikan kesempatan untuk belajar dari ahli di bidang tertentu. Inspirasi bisa datang dari materi yang disampaikan.
Berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan, apa perubahan praktik Anda di ruang
kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan?
Jawaban saya:
Dengan ide-ide baru pengelolaan kelas saya dapat menumbuhkan suasana belajar yang menyenangkan di lingkungan kelas dan sekolah. Saya selalu berdiskusi dengan rekan sejawat tentang pengelolaan kelas yang baik sehingga dapat menemukan solusi terhadap tantangan yang dihadapi. Saya juga mengikuti pelatihan dan seminar untuk meningkatkan kompetensi dalam mengembangkan diri sehingga mendapatkan inspirasi tentang pengelolaan kelas untuk
mencapai pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Apa 3 tantangan paling sulit yang akan Anda hadapi dalam melakukan perubahan
tersebut?
Jawaban saya:
1. Memastikan semua terlibat dalam proses pembentukan kesepakatan kelas dan menerima konsekuensinya. Menemukan waktu yang cukup untuk memberikan perhatian individual kepada setiap siswa dalam implementasi strategi restitusi
2. Memastikan kolaborasi yang efektif dengan rekan guru tanpa mengganggu tugas-tugas  lainnya
3. Menentukan pelatihan dan seminar yang cocok dengan kompetensi pengembangan diri
Bagaimana rencana Anda dalam mengatasi tantangan tersebut agar bisa
memastikan perubahan terjadi?
Jawaban saya:
1. Melibatkan semua peserta didik secara aktif dalam merancang kesepakatan kelas dan menyediakan waktu khusus untuk diskusi serta menjadwalkan sesi individu dengan peserta
didik, misalnya sebelum atau sesudah jam pelajaran
2. Berbagi pengalaman dan mendiskusikan dengan rekan guru, serta menerapkan waktu regular untuk rapat atau diskusi
3. Memilih pelatihan dan seminar yang paling cocok dengan kompetensi pengembangan diri yang akan kita kembangkan